Perbedaan Ilmu Nahwu dan Shorof

Memahami Kalam Nahwu
Juli 15, 2021
perbedaan nahwu shorof

Perbedaan Ilmu Nahwu dan Shorof

Nahwu dan shorof merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari dalam rangka memahami bacaan yang ada di dalam Al-Qur’an, Hadits dan berbagai kitab kuning maupun kitab turats karya para ulama yang hampir kesemuanya berbahasa arab gundul atau tanpa harokat.

Mempelajari ilmu agama dapat dimulai dengan mengenal dasar-dasar nahwu dalam bahasa arab dan tashrif dalam ilmu shorof. Menerapkannya dapat melalui soal lalu menganalisa teks arab dengan bimbingan guru yang mahir.

Memahami Kalam Nahwu

Pentingnya Belajar Nahwu Shorof

Bahasa Arab memiliki keunikan tersendiri yaitu makna dari harokat yang berbeda akan beda artinya pula lalu ditambah atau dikurangi satu huruf maka sudah berbeda lagi. Maka dari itu, untuk dapat memberikan harokat yang benar pada kata dalam bahasa Arab penting untuk belajar ilmu nahwu. Lalu jika ingin merubah bentuk suatu kata ke kata lainnya baik menambahkan atau mengurangi hurufnya maka penting untuk belajar ilmu shorof.

Sumber hukum dalam islam berbahasa arab yaitu Al-Qur’an dan Hadist maka penting untuk belajar bahasa arab terutama nahwu dan shorof yang merupakan cabang ilmu bahasa Arab yang perlu dikuasai. Tidak hanya itu, ada lagi balaghah, mantiq dan ilmu-ilmu lain yang tidak boleh dilewatkan.

Perbedaan Nahwu dan Shorof

  • Ilmu Nahwu

Jika suatu kata merupakan mabni atau mu’rab (berubah harakat huruf akhir) kemudian berubahnya fathah, kasroh, dhommah atau dengan membuang huruf tersebut maka ilmu nahwu mempelajari hal tersebut.

  • Ilmu Shorof

Ilmu Shorof berkonsentrasi kepada perubahan shighat dari suatu kata pada sighat lainnya untuk mendapatkan arti yang berbeda. Dalam ilmu shorof akan mempelajari tashrifan dengan 22 wazan, belajar juga kaidah i’lal. Contoh yang paling sering di dengar ialah perubahan kata dhoroba. Dari dhoroba hingga midharabun memiliki makna yang berbeda tetapi dari satu kata dhoroba.

Jadi kesimpulan perbedaan dari ilmu nahwu dan ilmu shorof yaitu ilmu nahwu mempelajari perubahan pada harakat huruf akhir kata (kalimah) dan ada juga yang mabni (tidak berubah harokatnya). Sedangkan ilmu shorof mempelajari perubahan kata dari fi’il madhi menjadi mudhari’, mashdar, amr, isim fa’il, maf’ul, alat, zaman, makan dan aturan lainnya.

TELEPHONE