Mata Kuliah Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan

No Comments

Manajemen Sumberdaya Perairan membahas mengenai proses atau kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan, dan pengelolaan sumberdaya perairan meliputi pemetaan sumberdaya, eksploitasi, pembudidayaan, produksi, hingga pemasaran sumberdaya perairan. Pada program studi ini kita akan mempelajari ragam dan fisiologi hewan air, cara penangkapan, hingga penyakitnya. Dari segi ekonomi kita akan mempelajari tataniaga dan manajemen strategi pemasaran sumberdaya perairan.

Baca juga : 5 Jurusan Tentang Ilmu Hama Dan Penyakit Tumbuhan 

1. Sosiologi Perikanan

Sosiologi perikanan merupakan cabang sosiologi yang mempunyai objek khusus yaitu masyarakat pesisir yang hidup dari sumber daya laut seperti, nelayan,buruh,pembudidaya, penangkapan, tambak di daerah air laut, tawar dan air payau sesuai dengan potensi-potensi sumberdaya perikanan di daerah tersebut. Berikut Merupakan Peranan Sosiologi Perikanan :

  • Masyarakat Perikanan sebagai obyek dalam melaksanakan kehidupannya.
  • Dapat mendiskripsikan dan memprediksi perilaku anggota masyarakat perikanan.
  • Mempelajari obyek apa yang terjadi saat Ini, bukan apa yang seharusnya terjadi.
  • Mengamati indikator-indikator dari proses kehidupan masyarakat perikanan atau di masyarakat pesisir yang sebagian besar mengalami kemiskinan.

2. Ekologi Perairan

Ekologi perairan merupakan cabang ilmu mengenai lingkungan yang fokus mempelajari interaksi atau hubungan timbal balik antara organisme di perairan dengan lingkungannya. Lingkungan sangat berpengaruh sebab ia memegang peranan dalam menciptakan kenyamana hidup organisme di perairan. Faktor-faktor yang ada di lingkungan adalah faktor fisika mencakup kecerahan, suhu, arus dan lain-lain. Faktor kimia antara lain pH, Do, sementara itu faktor biologi antara lain sifat plankton, substrat dan masih banyak lagi lainnya. Seseorang yang mempelajari ekologi perairan diharapkan bisa dan mampu mengidentifikasi hubungan timbal balik lingkungan dan organisme di perairan.

3. Agrobisnis Perikanan

Agrobisnis Perikanan merupakan jurusan yang mempelajari ilmu pengetahuan, wawasan, dan kemampuan dibidang perikanan . Intinya ilmu yang berkaitan dengan proses penyediaan bibit unggul perikanan yang bagus, menciptakan strategi pemasaran agar meraup keuntungan yang besar, dll.

4. Iktiologi

Iktiologi adalah cabang ilmu zoologi yang mempelajari kehidupan ikan. Iktiologi dipelajari di bidang biologi untuk aspek pengetahuannya dan perikanan untuk aspek terapannya, khususnya dalam bidang budidaya dan patologinya.Kurang lebih terdapat 25.000 spesies ikan yang merupakan bagian mayoritas dari vertebrata. Walaupun sebagian besar spesies telah ditemukan dan diidentifikasi, para ilmuwan setiap tahunnya tetap saja mengumumkan secara resmi ditemukannya kurang lebih 250 spesies baru. Penerepan iktiologi sering dihubungkan dengan biologi kelautan, limnologi, dan oseanografi.

5. Manajemen Kualitas Air

Manajemen kualitas air adalah Suatu usaha untuk menjaga kondisi air tetap dalam kondisi baik untuk budidaya ikan dengan memperhatikan faktor- faktor air yang merupakan tempat hidup bagi organisme akuatik maupun organisme lainnya meliputi Suhu, pH, DO (oksigen terlarut), amonia, dan Nitrit. Oleh karena itu untuk mengetahui faktor-faktor atau parameter-parameter serta kadar yang terkandung dalam perairan tempat budidaya, maka dilakukan Praktek Lapang Manajemen Kualitas Air.

Categories: Jurusan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *