Kenapa Harus Memilih Jurusan Ekonomi?

No Comments

Apa Itu jurusan Ekonomi?

Jurusan Ekonomi mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ini muncul karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya terbatas. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kamu dapat memprediksi tindakan manusia ke depannya yang kemudian dapat digunakan untuk perencanaan bisnis, penentuan harga, membuat kebijakan pemasaran, kebijakan sumber daya manusia, hingga membuat kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Hal Yang Perlu Di Ketahui Tentang Profesi Akuntan Perpajakan

Jurusan ekonomi merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan ini termasuk dalam ranah studi IPS. Meskipun berada dalam rumpun sosial, mata kuliah ilmu ekonomi tidak jauh dari angka dan perhitungan matematis. Karenanya selain kemampuan mengingat untuk menghafal berbagai teori ekonomi, Kamu juga perlu memiliki kemampuan berhitung yang baik untuk berkuliah di jurusan ini, edufriends.

Kenapa Jurusan Ekonomi?

Ilmu Ekonomi memegang peranan vital dalam kehidupan dan lulusannya banyak dibutuhkan di dunia kerja, kamu bisa menjadi seorang ekonom, bekerja di perusahaan nasional maupun internasional sebagai staf keuangan, bagian manajemen pemasaran, manajemen produksi dan lain-lain, menjadi pengusaha, bahkan menjadi pejabat yang mengatur kebijakan perekonomian. Selain itu Ilmu ini juga bersifat aplikatif, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan Ekonomi sebagai salah satu jurusan dengan peminatan yang variatif, diantaranya:

  • Ekonomi Internasional: Mempelajari aspek-aspek ekspor-impor, kerja sama, dan transaksi ekonomi internasional.
  • Ekonomi Publik: Mempelajari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
  • Ekonomi Regional: Menelaah kasus-kasus ekonomi dalam skala daerah.
  • Ekonomi Moneter: Mempelajari peran-peran Bank sentral seperti Bank Indonesia.
  • Ekonomi Pembangunan: Mengkaji kebijakan-kebijakan yang mempengaruhi proses pembangunan serta praktik ekonomi suatu negara.
  • Ekonomi Industri: Mempelajari ranah ekonomi mikro, dan industri yang saling mempengaruhi satu sama lain.
  • Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan: Menelaah kasus-kasus ekonomi terkait penyediaan sumber daya alam dan lingkungan. Ekspor-impor SDA, kelangkaan SDA, penyediaan SDA, dan lainnya.
  • Ekonomi Sumber Daya Manusia: Menelaah kebijakan tata kelola SDA. Isu-isu mengenai upah, kesejahteraan hidup, hingga peningkatan kualitas SDM.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

Secara umum, lulusan dari jurusan ekonomi dapat berkarir di bidang perbankan, akuntansi, konsultasi bisnis dan keuangan, sektor public, actuarial dan analisis data, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa diantaranya:

Analis Riset Pasar

Analis Riset Pasar menganalisa nilai dari suatu produk atau jasa sebelum dipasarkan. Dalam pekerjaan mengumpulkan dan menganalisa data, analis riset pasar biasanya menggunakan perangkat lunak (software).

Auditor

Profesi ini hampir sama dengan akuntan. Bedanya, akuntan lebih ditekankan pada pencatatan keuangan atau arus keluar masuk kas. Sedangkan auditor bertugas menganalisis laporan keuangan dengan tujuan mengambil kesimpulan apakah laporan keuangan yang ada wajar atau tidak.

Konsultan Ekonomi

Konsultan Ekonomi menggunakan keahlian riset dan analitik untuk menganalisa keadaan ekonomi, berbagai hal dan tren industri yang akan mempengaruhi produksi, perluasan usaha dan investasi dari klien mereka. Untuk memberikan laporan yang akurat, konsultan ekonomi harus menguasai banyak wawasan, baik itu hukum, peraturan pemerintah, kejadian terkini yang mungkin mempengaruhi investasi atau usaha klien.

Dan Masih Banyak Lagi Yang lainnya!

Categories: Jurusan, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *