Cara Mengetahui Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan

No Comments

Berapa penting ketahui bakat dan minat saat sebelum pilih jurusan kuliah? Penting sekali! Banyak  mahasiswa yang telah masuk ke dalam jurusan opsinya, tetapi justru menyesal sebab menganggap jurusan kuliah yang diputuskan rupanya tidak sesuai ketertarikan dan talentanya.

Pilih jurusan kuliah yang sesuai ketertarikan talenta akan membuat kamu lebih semangat dan nikmati proses. Hingga hasil yang diraih juga semakin lebih maksimal dibanding kamu pilih jurusan karena hanya mau tak mau atau ikutan rekan. Memang bagaimana sich, langkah ketahui bakat dan minat saat sebelum pilih jurusan kuliah? Baca 9 langkah berikut, ya!

1. Turut test ketertarikan talenta

Turut test ketertarikan dan kekuatan di program Ruangguru akan memudahkan kamu saat tentukan jurusan. Triknya juga mudah sekali dan kamu dapat segera menyaksikan hasilnya.

  • Click UTBK Center
  • Tentukan Test Ketertarikan dan Talenta
  • Tentukan Test Ketertarikan Kekuatan Umum
  • test ketertarikan dan talentaCara akses test ketertarikan dan kekuatan (kiri) dan hasilnya (kanan)

Test ketertarikan talenta ini akan terdiri dari 2 sisi, yakni test ketertarikan dan test talenta. Test ketertarikan akan dibagi ke tiga sisi pertanyaan, yakni kegiatan kegemaran, kegiatan dengan kekuatan, dan profesi yang kamu gemari. Hasil test ketertarikan akan menunjukkan minat kamu pada beberapa kegiatan yang sesuai ketertarikan kamu.

Dalam pada itu, test talenta akan terdiri dari 5 sisi pertanyaan, yakni penalaran deduktif, induktif, aritmatika, spasial, dan reasoning. Dari hasil test talenta akan menunjukkan keterangan tiap subtes penalaran yang sudah kamu isi dan 10 referensi jurusan sesuai hasil test bakat dan minat kamu.

2. Punyai hoby? Coba kenali hobymu secara baik

Apa sich hoby yang tersering kamu kerjakan dan paling membuat kamu bahagia? Jangan kira hoby kamu ini sebagai hal yang remeh ya. Hoby dapat menjadi satu diantara panduan berkenaan apa bakat dan minat kamu sebenarnya. Contohnya, hoby kamu menulis atau menggambar. Nach, kamu dapat cari tahu jurusan apa yang sesuai hoby kamu ini.

Baca : Kelebihan Dari Kuliah Secara Online Saat Ini

3. Mencari tahu apakah yang paling kamu gemari

Mungkin tidak gampang untuk kamu untuk tentukan satu perihal yang betul-betul kamu gemari. Kadang-kadang kamu menyenangi banyak hal sekalian pada waktu yang bersama. Nach, bila kamu merasakan demikian, coba untuk memfilter dan temukan banyak hal yang paling kamu gemari dan ingin kerjakan setiap waktu. Langkah ini dapat menolong kamu saat temukan talenta terkubur yang terdapat dalam diri kamu.

4. Tulis segala hal yang kamu gemari

Sesudah ketahui banyak hal yang paling kamu gemari, tuang ketertarikan kamu ini ke tulisan. Dengan menuliskan, kamu dapat semakin gampang mengenal dan pilih mana ketertarikan yang paling sesuai diri kamu.

Apa sich sebenarnya ketertarikan itu? Ketertarikan adalah dorongan atau kemauan yang terdapat diri seorang pada object tertentu. Ketertarikan ini umumnya muncul karena kamu memliki kekuatan yang bisa diterapkan di bidang tertentu. Contohnya kamu sukai bicara sama orang lain atau kerja sama team, karena itu kamu akan pas untuk ambil jurusan seperti Komunikasi, Public Relation, dan lain-lain.

5. Cari info suatu hal yang ingin kamu kerjakan tetapi belum terlaksana

Selain ketahui ketertarikan atau hoby yang dicintai, kamu bisa juga ingat lagi beberapa hal baru atau kegiatan apa yang benar-benar ingin kamu kerjakan, tetapi belum terlaksana sejauh ini karena rintangan tertentu. Dapat menjadi kegiatan itu adalah talenta terselinap yang sejauh ini belum ada karena kurang motivasi atau kondisi lingkungan yang tidak mengizinkan. Kadangkala suatu hal sebagai rintangan untuk diri kita menjadi talenta yang terkubur, lho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *