7 Prospek Kerja Jurusan Arsitektur Lanskap

No Comments

Jurusan Arsitektur Lanskap

Arsitektur lanskap adalah pelajaran tentang mengasah keilmuan bab perencanaan, perancangan, manajemen, perawatan, dan perbaikan konstruksi perkotaan. Ilmu ini banyak digunakan dalam berbagai pembangunan. Berikut Prospek Kerja Jurusan Arsitektur Lanskap :

1. Pengembang Permukiman

Penduduk di Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun. Meningkatnya populasi penduduk menyebabkan kebutuhan permukiman ikut bertambah. Hal ini menarik minat pengusaha untuk turut serta “bermain” dalam bidang property. Mereka menggunakan jasa kontraktor dan sistemnya sebagai pekerjaan borongan. Modelnya seperti ini, pengusaha property menyewa jasa kontraktor untuk membangun perumahan.

Baca juga : 5 Kampus Yang Memiliki Jurusan Game & Animasi

Misalnya, dana 200 milyar diberikan pada pengusaha kontraktor. Lalu pada saat pengerjaan bangunan perumahan hanya menghabiskan dana 180 milyar. Dari situ kita dapat mengetahui bahwa pengusaha kontraktor untung 20 milyar.

2. Konsultan Lanskap

Konsultan lanskap adalah jenis pekerjaan yang menilai dan memberikan masukan dari perencanaan suatu bangunan. Konsultan yang terkenal biasanya berhubungan dengan pajak, bisnis, perdagangan, dan lain-lain. Konsultan lanskap mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan mayoritas seorang kontraktor bangunan bahkan pengusaha property juga merupakan lulusan arsitektur lanskap. Jadi, apabila seorang arsitektur lanskap ingin berkarir menjadi konsultan lanskap harus pandai-pandai mencari relasi kontraktor yang tidak menguasai bab ilmu tersebut.

3. Pekerja Pemerintahan

Anak-anak jika ditanya apa yang menjadi cita-citanya, tentunya menjawab setinggi-tingginya. Pekerjaan mainstream seperti polisi, dokter, pilot, guru, bahkan astronot menjadi jawaban yang mereka keluarkan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki keinginan yang tinggi dalam menentukan diri mereka di masa depan. Berbeda dengan mahasiswa yang tidak memiliki keahlian dan hobi khusus, maka yang mereka katakana adalah ingin menjadi PNS. PNS yang kepanjangan Pegawai Negeri Sipil adalah pekerja pemerintahan dengan tugas-tugas khusus sesuai dengan bidangnya.

4. Arsitektur

Arsitektur adalah pekerja pembangunan yang bertugas dalam merencanakan bentuk bangunan sebelum nantinya diarahkan ke mandor bangunan. Selanjutnya mandor bangunan memberikan instruksi kepada pekerjanya untuk membuat bangunan sesuai dengan arahan arsitek. Arsitek yang dibutuhkan ini luas, bisa dari jurusan arsitek itu sendiri, atau dari arsitektur lanskap, bahkan teknik sipil juga bisa.

5. Kontraktor

Kontraktor adalah pengusaha yang bermodalkan membuat bangunan dan selanjutnya jika pembangunan tersebut sudah jadi akan dijual kepada pembeli. Bisa juga seorang kontraktor diborong oleh perusahaan atau pengusaha swasta untuk membuat bangunan. Maka dari itu biasanya kontraktor juga disebut pemborong. Modal yang disediakan oleh kontraktor tentunya bernilai milyaran rupiah.

6. Marketing

Marketing memiliki arti pemasaran. Jadi pekerjaan marketing adalah menjualkan barang miliki perusahaan tempat bernaungnya. Gaji seorang marketing ditentukan oleh dirinya sendiri. Jika memenuhi target yang ditentukan oleh perusahaan maka sales (julukan pekerja marketing) mendapatkan bonus tertentu. Jika tidak sesuai target maka gaji yang diterima oleh sales hanya berkisar pada komisi hasil penjualan.

7. Customer Service

Customer service adalah pekerjaan yang bertugas menerima telfon, melayani klaim pelanggan, hingga menyelesaikan masalah yang diajukan oleh pelanggan. Pekerjaan ini diperuntukkan bagi lulusan sarjana semua jurusan. Arsitektur lanskap kuliahnya saat selesai akan mendapatkan gelar sarjana. Maka, pekerjaan customer service cocok dihadapi oleh seorang lulusan dari jurusan arsitektur lanskap.

Categories: Jurusan, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *