5 Kampus Yang Memiliki Jurusan Game & Animasi

No Comments

1. Universitas Negeri Malang (UM)

Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang memiliki Program Studi Game Animasi untuk jenjang D3. Program studi tersebut sudah berdiri sejak tahun 2008 dan memiliki banyak alumni. Selama menempuh studi, mahasiswa akan dibimbing untuk mendesain interface, karakter, properti, lingkungan, musik, dan animasi pendek. Tidak hanya itu, ada prinsip dasar ilmu seni budaya Indonesia serta pola budaya nusantara dan filsafat yang perlu dikuasai. Nantinya, mahasiswa bisa mengetahui dan menghasilkan game animasi berbasis budaya lokal. Menarik, bukan?

Baca juga : 7 Prospek Kerja Jurusan Arsitektur Lanskap

Berada di Program Studi Game animasi tidak hanya mempelajari game saja. Ada materi perkuliahan tentang fotografi, videografi, editing video, dan efek spesial. Semua kemampuan tersebut akan diterapkan ketika membuat game agar semakin bagus. Selain itu, mahasiswa dapat menghasilkan karya pada media terapan, baik dalam bidang 2 dimensi maupun 3 dimensi.

2. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Kampus ISI Yogyakarta tidak hanya fokus pada bidang kesenian tari, musik, atau lukisan saja. Kamu bisa menempuh studi Program Studi Animasi pada jenjang D3 di kampus ISI. Menariknya, program ini adalah program studi animasi pertama di Indonesia. Sebab, biasanya program tersebut tergabung dengan program studi Desain Komunikasi Visual. Kamu akan dilatih untuk menggambar, storyboarding, menulis skenario, menciptakan model tiga dimensi, melakukan pemrograman game, dan sebagainya.

Dengan menempuh Program Studi Animasi di ISI, kamu tidak hanya diajarkan teori tentang animasi saja. Setiap semester, kamu akan diminta menghasilkan produk atau karya. Pengetahuan animasi pun semakin terasah karena kampus ini bekerja sama dengan sektor industri untuk mengadakan kegiatan pengembangan bagi mahasiswa, seperti workshop, seminar, dan penelitian. Ada pula kegiatan pembinaan UMKM seni yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ISI Yogyakarta.

3. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Jika tertarik dengan teknologi pada game, kamu bisa menjadikan PENS sebagai tempat untuk meneruskan studi. Kampus PENS menawarkan Program Studi Teknologi Game pada jenjang D4, sehingga kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan setelah lulus.

Kampus PENS akan membekali empat kemampuan dasar bagi para mahasiswanya, yaitu kemampuan desain, kemampuan teknis, kemampuan bisnis, serta kemampuan sosial dan komunikasi. Tidak hanya itu, ada program komputer yang harus dikuasai, khususnya yang berkaitan dengan game, grafis, serta audio. Setelah menguasai dasar-dasar yang diajarkan pada proses perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu membuat game platform serta game engine. Nantinya mahasiswa bisa melakukan perancangan game hingga pembuatan game hingga terjun ke industri kreatif.

4. Sekolah Tinggi Multi Media (STMM)

Program Studi Desain Teknologi Permainan untuk jenjang D4 bisa kamu dapatkan di kampus STMM “MMTC” Yogyakarta. Adanya para lulusan kreatif dari kampus tersebut banyak dicari game developer atau pengembang game. Apalagi selama studi mahasiswa akan diajarkan pembuatan game yang berkaitan dengan kearifan lokal. Materi perkuliahan yang sangat menarik, seperti game artificial intelligence, game technopreneur, dan penyutradaraan game.

Lulusan program studi tersebut diharapkan dapat menjadi tenaga profesional di bidang desain teknologi permainan, memenuhi kebutuhan di bidang terkait, dan membangun etika profesi. Game yang sudah dihasilkan dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti pendidikan, sosial, hingga bisnis.

5. Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia)

Terdapat Program Studi Game Technology dan Program Studi Animasi di Polimedia. Keduanya ditawarkan untuk jenjang D4. Apabila kamu mengambil Program Studi Game Technology, selama menempuh studi, kamu akan diajarkan berbagai macam kemampuan teknis terkait game, desain komponen game, penerjemahan karakter game dan konten lokal pada game yang dibuat. Lulusan Polimedia tidak hanya bisa bekerja di industri game saja, tetapi menjadi seorang wirausahawan di bidang terkait.

Program Studi Animasi di Polimedia berdiri terpisah dengan program studi di bidang game. Mahasiswa akan dibimbing untuk menghasilkan karya animasi melalui tahapan pra produksi hingga pascaproduksi. Tidak hanya animasi dua dimensi saja, tetapi juga animasi tiga dimensi maupun gabungan keduanya. Lulusan program ini dapat berkarier sebagai produser animasi, animator, inbetweener, kompositor video, special effect artis, dan profesi lain yang relevan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *